pembuka


counters

Minggu, 08 Juni 2014

Tugas Akhir Media Pembelajaran

RANCANGAN PEMBELAJARAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG MUTIARA
DENGAN MODEL ASSURE

Sebagai Tugas Akhir Dalam Mata Kuliah Media Pembelajaran

Dosen Pembimbing
Dr. Indrati Kusumaningrum, M.Pd

Oleh:
Romi Putra Sumartin (1303898)



PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Peningkatan kualitas pendidikan pada setiap jenjang pendidikan adalah awal dari pencapaian sumber daya manusia yang berkulitas. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran sangat di pengaruhi oleh proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Salah satu usaha yang dilakukan guru adalah bagaimana memahami kedudukan komponen-komponen pembelajaran yang sangat berperan dalam keberhasilan belajar mengajar.
Di sekolah guru memiliki peranan yang sangat penting untuk mencapai hasil belajar yang maksimal bagi siswa. Guru memiliki tanggung jawab untuk mengelola kelasnya agar situasi belajar di kelas dapat memotivasi siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu guru harus memiliki berbagai macam inovasi yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru dituntut untuk bisa membuat siswanya merasa nyaman belajar hingga materi pelajaran yang disampaikan cepat diserap oleh siswa, tentunya dengan situasi dan kondisi belajar yang menyenangkan, yang tidak kaku dan tidak monoton.
Sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju. Sekolah- sekolah pun berusaha untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Diantaranya dengan mengusahakan adanya pengadaan media dan sumber belajar yang sangat bermanfaat untuk membantu kelancaran dan kesuksesan belajar siswa hingga hasil belajar yang diperoleh semakin maksimal.
Untuk mencapai tujuan pendidian diperukan usaha yang keras dari semua pihak yang terlibat dalam pendidikan. Sebagai seorang pendidik yang berhubungan langsung dengan siswa, guru seharusnya menyiapkan pembelajaran yang tepat melalui model pembelajaran yang  sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pebelajar serta mempertimbangkan keadaan lingkungan pebelajar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, bisa mengintegrasikan penggunaan media dan model dalam melakukan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model ASSURE.
Penggunaan model ASSURE ini sangat efektif dalam menciptakan suatu proses pembelajaran. Model ini dikembangkan untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang efektif dan efisien, khususnya pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan media dan teknologi. Pada makalah ini akan dibahas bagaimana merencanakan pelaksanaan pembelajaran di ruang kelas menggunakan model ASSURE. Dengan menyiapkan media yang sesuai dengan analisis kebutuhan yang dilakukan sebelum pelaksaan kegiatan pembelajaran.
B.  Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah untuk menyusun rancangan pembelajaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasin dengan penggunaan model ASSURE.
C.  Manfaat
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai tugas akhir pada mata kuliah Media Pembelajaran dan sebagai bahan bacaan dalam memperkaya pengetahuan tentang penerapan model ASSURE dalam proses pembelajaran.

BAB II
KAJIAN TEORI
A.    Belajar dan Pembelajaran
Proses belajar merupakan kegiatan yang mesti dijalani dalam proses pendidikan, karena ketercapaian tujuan pendidikan tergantung pada proses pembelajaran yang dilakukan. Belajar menurut Slameto (2003:2)” suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi lingkungannya ”. Hasil dari proses belajar tergambar dalam bentuk pemikiran dan keterampilan yang ditandai oleh perubahan sikap dan tingkah laku dalam menghadapi permasalahan.
Dengan kata lain belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya suatu perubahan pada diri seseorang yang ditunjukan dalam berbagai bentuk seperti perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, keterampilan, kecakapan serta kemampuan yang lain yang terdapat pada individu.
Pengetahuan yang didapatkan oleh siswa merupakan hasil dari kegiatan yang mereka lakukan sendiri, dengan kecepatan yang berbeda-beda sesuai dengan usaha yang mereka lakukan. Kegiatan yang mereka lakukan membutuhkan penguatan yang diberikan oleh guru sebab penguatan yang diberikan oleh guru berfungsi untuk memantapkan materi sehingga lebih berarti. Peserta didik  diberi peluang untuk mengeluarkan pemikiran, ide, sanggahan terhadap materi yang diajarkan sehingga peserta didik lebih termotivasi. Melalui proses ini peserta didik diharapkan lebih bertanggung jawab dan aktif dalam proses pembelajaran.
Beberapa karekteristik yang harus diperhatikan saat proses pembelajaran menurut Wina (2005:79) yaitu :
1.    Pembelajaran berarti membelajarkan siswa
Guru tidak lagi sebagai sumber informasi, tetapi guru bertindak sebagai fasilitator dan membantu motivasi belajar siswa .
2.    Proses pembelajaran berlangsung dimana saja
Sesuai dengan karekteristik pembelajaran yang berorientasi kepada siswa, maka proses pembelajaran dapat berlangsung dimana saja, seperti dilingkungan saat mereka main ataupun dilingkungan rumah mereka
3.    Pembelajaran berorientasi pada pencapaian tujuan.
Guru sangat berperan sebagai pengarah jalannya proses pembelajaran yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh tujuan pendidikan.

Sesuai dengan pendapat di atas  terlihat bahwa guru dalam proses pembelajaran berperan  selain sebagai narasumber juga berperan sebagai fasilitator, pengarah jalannya pembelajaran, perancang, dan penentu berbagai sumber yang digunakan siswa dalam mempelajari materi.
Proses pembelajaran yang berpusat kepada peseta didik bukan yang baru lagi, karena kurikulum KTSP memberikan otonomi luas pada setiap pendidikan dalam rangka mengefektifkan proses pembelajaran. Proses pembelajaran KTSP memupuk kreativitas guru agar dapat mengajar dengan penuh inspirasi dalam menggunakan metode-metode yang diajarkan supaya terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan dan menarik agar siswa lebih termotivasi  untuk belajar. Maka hal ini akan mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

B.  Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa latin. Istilah ini merujuk pada segala sesuatu yang membawa informasi antara sebuah sumber dan sebuah penerima. Menurut Gagne (1970) media adalah beberapa jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Briggs (1977) menyatakan bahwa media merupakan segala alat fisik yang nyata menyajikan peran serta merangsang siswa untuk belajar. Asosiasi teknologi dan komunikasi pendidikan (Association of Education and Communication Technology/AECT) membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yag digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi. Sementara asosiasi pendidikan nasional (National Education Association/ NEA), memiliki pandangan bahwa media adalah bentuk- bentuk komunikasi baik yang tercetak maupun audiovisual serta peralatannya. Pada mulanya media hanya berfungsi sebagai alat bantu visual dalam kegiatan pembelajaran, yaitu berupa sarana yang dapat memberikan pengalaman visual kepada siswa antara lain untuk mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak menjadi lebih sederhana, konkrit, serta mudah difahami. Dengan demikian media dapat berfungsi untuk mempertinggi daya serap atau retensi belajar siswa terhadap materi pembelajaran (Miarso, 1986: 49).
Berdasarkan bebarapa penjabaran di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media adalah suatu perantara dalam menyampaikan informasi yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan pebelajar, hingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri mereka. Tujuan dari media adalah untuk memudahkan komunikasi dan belajar.
Penggunaan media dalam suatu proses pembelajaran memberikan kontribusi besar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Manfaat media pembelajaran secara umum sebagaimana yang dikatakan oleh Sudjana dan Rivai (1992) dalam Arsyad (2007: 24) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar siswa yaitu sebagai berikut:
1)      Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2)      Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkan menguasai dan mencapai tujuan pengajaran.
3)      Metode mangajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru kehabisan tenaga apalagi kalau guru mengajar pada setiap jam pelajaran.
4)      Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.

Selain itu, beberapa manfaat praktis dari penggunaan media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
1)      Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka) sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
2)      Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
3)      Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi langsung antara siswa dan lingkungannya, dan memungkinkan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
C.  MODEL ASSURE
Model ASSURE merupakan salah satu model yang dapat menuntut pembelajar secara sistematis untuk merencanakan proses pembelajaran secara efektif. Menurut Smaldino, dkk (2007) ASSURE terdiri dari enam  komponen, seluruh komponen tersebut merujuk pada kegiatan yang harus dilakukan oleh guru dalam mengelola proses belajar mengajar .
1.    A berarti Analyze learners.
2.    S berarti State standard and Objectives.
3.    S yang kedua berarti Select strategi, technology, media, and materials.
4.    U berarti Utilize technology, media and maerials.
5.    R berarti Require learner participation.
6.    E berarti Evaluated and revise.
Analyze Learner, pada tahap ini perancang pembelajaran mengidentifikasi dan menganalisis karakterisitik pebelajar yang disesuaikan dengan hasil-hasil belajar. Langkah yang kedua yaitu state standar and object pada langkah ini rancangan pembelajar dengan menetapkan dan menyatakan standar dan tujuan se spesifik mungkin. Tujuan yang ditetapkan dengan baik akan memperjelas tujuan, perilaku yang ditampilkan atau kinerja yang diamati dan juga tingkat pengetahuan yang harus dikuasai oleh pebelajar. Langkah selanjutnya dalam merancang pembelajaran dengan menggunakan ASSURE adalah select stategies, technology,media and material setelah mengtahui karakteristik pebelajar dan menetapkan standar, maka tugas selanjutnya adalah memilih strategi yang digunakan serta memilih teknologi dan media juga materi yang cocok untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, langkah yang keempat dalam perancanan model ASSURE adalah utilize technology, media dan material pada langkah ini perancang melibatkan pembelajar dalam menggunakan teknologi, media dan materi yang telah disiapkan agar menjadi pengalaman bagi pebelajar. Pada tahap kelima require learner participation dalam pelaksanaan pembelajaran agar efektif diharuskan partisipasi pebelajar, agar pengetahuan baru dimungkinkan untuk diterapkan, tahap terakhir dari rancangan model ASSURE adalah evaluate and revise  setelah pembelajaran dilangsungkan maka diperlukan evaluasi dampak pembelajaran tersebut terhadap pebelajar, evaluasi tidak hanya pada tercapainya tujuan pembelajaran pada siswa tapi juga evaluasi menyeluruh terhadap semua proses pembelajaran, seandainya ditemukan ketidakcocokan maka hasil evaluasi bisa menjadi pertimbangan untuk melakukan revisi.


BAB III
RANCANGAN PENGGUNAAN MEDIA DENGAN MODEL ASSURE

Rancangan pembelajaran menggunakan model ASSURE digunaka pada mata peajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara. Pembelajaran akan dilakukan di laboratorium komputer. Adapun rancangan pembelajarannya adalah sebagai berikut:

A.     PENGGUNAAN MODEL ASSURE  

Analisis Pebelajar
Karakteristik umum dari pebelajar pada mata pelajaran TIK pada kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara adalah para siswa sudah menyelasaikan materi tentang mengenal perangkat keras dan perangkat lunak dalam teknolnogi informasi dan memahami penggunaan perangkat lunak dalam pengolahan kata dan mengenal istilah Spreadsheet atau lembaran kerja elektronik yang dikenal dengan microsoft excel. Pada materi yang akan di lakukan oleh siswa selanjutnya membutuhkan pengetahuan awal yang telah diperoleh siswa dalam materi sebelumnya tentang mengenal Microsoft Excel.

Menentukan standar dan tujuan
Pada pembelajaran TIK kelas VIII SMP ini diharapakan setelah melakukan pembelajaran siswa bisa menggunakan program aplikasi microsoft excel dalam mengolah angka. Dan siswa bisa membuat lembaran kerja dengan rumus spreadsheet yang ada.

Memilih strategi, teknologi, media dan materi
a.    Memilih strategi
pada pembelajaran TIK Kelas VIII SMP dilakukan dengan strategi demonstrasi langsung kepada pebelajar, agar pebelajar memperoleh pengalaman langsung dengan melihat cara kerja microsoft excel melalui LCD proyektor yang ditampilkan.
b.  Memilih teknologi dan media
Dalam  perencanaan pembelajaran ini menggunakan teknologi berbasis komputer. Melibatkan unit komputer, LCD proyektor yang digunakan sebagai media demonstrasi. Dengan media ini siswa bisa melihat secara langsung semua proses dalam bekerja menggunakan program microsoft excel.
c.    Pemilih materi
            Sebelum melakukan pembelajaran dipersipkan materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tentang Menggunakan Perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi, materi mencakup Mengidentifikasi menu pada ikon pada perangkat lunak  pengolah angkaMenjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka, Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka dan Membuat dokumen pengolah angka  sederhana.

Menggunakan teknologi media dan materi
Penggunaan teknologi dan media pada pembelajaran TIK kelas VIII SMP menggunakan teknologi komputer dan LCD dengan menampilkan materi presentasi dalam bentuk powerpoint yang berisikan materi tentang menu dan ikon perangkat lunak pengolah angka, membuat dokumen microsoft excel sederhana. Selama proses pembelajaran yang dilaksanakn di ruangan komputer, siswa difasilitasi komputer yang digunakan satu komputer untuk dua orang siswa. Setelah demonstrasi materi, siswa bisa mengerjakan langsung praktek dengan komputer yang sudah berada didepannya masing-masing.

Mengharuskan partisipasi pebelajar
Siswa diharapkan dengan menggunakan media dan metode demonstrasi, bisa melihat langsung dan menerapkan apa yang sedang dipelajari. Dengan adanya komputer siswa bisa melakukan praktek dan menayakan yang tidak dimengerti kepada guru.

Mengevaluasi dan merevisi
Pada tahap evaluasi, ada dua jenis evaluasi yang akan dilakukan yaitu evaluasi rancangan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar, dilihat seberapa tercapainya tujuan pembelajaran menggunakan program aplikasi microsoft excel dalam menyajikan informasi. Tahap evaluasi selanjutnya adalah evaluasi hasil belajar dengan menggunakan tes praktek membuat dokumen pengolah angka untuk menyajikan informasi.

B.    RANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Rancangan pembelajar TIK Kelas VIII SMP dengan model ASSURE dapat dilihat dalam RPP berikut ini :

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
(1)

Nama Sekolah             : SMP Negeri 2 Tanjung mutiara
Mata Pelajaran             :        Teknologi Informasi  dan Komunikasi
Kelas/ semester           : VIII / 2 ( dua )
Alokasi Waktu            : 4 x 40 meni
Standar Kompetensi   : 2.   Menggunakan Perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar      : 2.1 Mengidentifikasi menu pada ikon pada perangkat lunak  pengolah angka


1    Tujuan pembelajaran.

Peserta didik mampu:
Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan fungsi mouse.
Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan fungsi keyboard
Ø      Mengidentifikasi menu dan ikon pada standard menu bar microsoft excel dengan menggunakan fungsi mouse .
Ø      Menggunakan menu dan ikon pada standard menu bar microsoft excel   dengan menggunakan fungsi keyboard
Ø      Mengunakan menu dan ikon pada formatting menu microsoft excel  dengan menggunakan menggunakan fungsi mouse
Ø       Mengunakan menu dan ikon pada formatting menu microsoft excel dengan menggunakan menggunakan fungsi keyboard.
Ø      Menggunakan menu dan ikon pada drawing menu microsoft exceldengan menggunakan fungsi mouse
Ø      Menggunakan menu dan ikon pada drawing menu microsoft excel dengan menggunakan fungsi keyboard

Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

2    Materi Pembelajaran

Cara menggunakan menu dan ikon
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar microsoft excel
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada standard menu microsoft excel
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada formatting menu microsoft excel
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada menu drawing microsoft excel

3    Metode Pembelajaran

Model ASSURE

4    Langkah langkah kegiatan pembelajaran

1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Ø  Mengingat kan kembali pembelajaran sebelumnya tentang nama perintah ikon dan menu
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.   Kegiatan   inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat di program pengolah angka
F  Menggunakan menu cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar microsoft excel
F  Menggunakan menu kan cara menggunakan menu dan ikon pada standard menu microsoft excel
F  Menggunakan menu cara menggunakan menu dan ikon pada formatting menu microsoft excel
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mempraktekkan menggunakan menu dan ikon pada menu drawing microsoft excel

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah  di lakukan
F  Menarik  kesimpulan tentang penggunaan menu dan ikon pada program pengolah angka

5    Sumber Belajar

Komputer, buku paket lembar kerja, media

6    Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar


Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar standard


Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar formatting


Ø  Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar drawing


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)

Tes identifikasi


Tes identifikasi


Tes identifikasi


Tes identifikasi

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon  pada menu bar!

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar standard!

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar formatting!

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar drawing!

Rubrik uji prosedur
Instrumen
Skala kuantatif
Nilai
[(jml.Skor/ 32)x10]
4
3
2
1

Menggunakan menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse pada





  1   
Bar menu





  2    
Standard menu




  3
Formatting menu




  4
Drawing menu




Menggunakan menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse pada





 5
Bar menu




  6
Standard menu




  7
Formating menu




  8
Drawing menu





Jumlah






                                                                                     
                                                                                            

                                                                       
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                   :     SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara
Mata Pelajaran                :     Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester               :     VIII ( delapan ) / 2 ( dua )
Alokasi Waktu                  :     8 X 40
Standar Kompetensi         :     2.   Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar            :     2.4 Membuat dokumen pengolah angka  sederhana

A.     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
Ø  Membuat Dokumen  baru
Ø  Membuat Dokumen pengolah angka dengan melakukan format teks
Ø      Mengedit Dokumen yang telah kamu buat dengan cara menghapus. Menyalin data dan menambahkan teks
Ø      Mampu melakukan pengolahan paragraph terhadap dokumen pengolah angka yang telah kamu buat
Ø  Membuat dokumen pengolah angka dengan menyisipkan obyek clip art dan word art
Ø  Membuat dokumen pengolah angka

Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.      Materi Pembelajaran
Cara menngunakan menu dan ikon
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada menu drawing

C.     Metode Pembelajaran
Model ASSURE

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I, II, III & IV
1.  Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Ø  Mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya tentang nama perintah ikon dan menu
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mampu melakukan pengolahan paragraph terhadap dokumen pengolah angka yang telah kamu buat
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik dapat Membuat dokumen baru
F  Peserta didik dapat Mengatur kolom dan tinggi baris
F  Peserta didik dapat Meletakkan angka
F  Peserta didik dapat Mengatur tampilan tabel
F  Peserta didik dapat Mengedit kolom dan baris
F  Peserta didik dapat Menyisipkan objek
F  Peserta didik dapat Mengatur format angka
F  Peserta didik dapat Mengunakan rumus dan  fungsi
F  Peserta didik dapat Mencetak dokumen atau berkas
F  Peserta didik dapat Mengatur halaman

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang penggunaan menu dan ikon pada program pengolah angka

E.      Sumber Belajar
Komputer, buku paket, lembar kerja, mass media

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Membuat dokumen baru


Ø  Mengatur  lebar kolom dan tinggi baris


Ø  Meletakkan data


Ø  Mengatur tampilan Border


Ø  Mengedit kolom dan baris





Ø  Menyisipkan objek





Ø  Mengatur format bilangan



Ø  Menggunakan rumus dan fungsi


Ø  Mengatur Halaman




Ø  Mencetak dokumen
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)




Tes praktik (kinerja)




Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)



Tes praktik (kinerja)


Tes uji kerja

Tes uji kerja


Tes uji kerja

Tes uji kerja

Tes uji kerja




Tes uji kerja




Tes uji kerja


Tes uji kerja dan produk


Tes uji kerja dan produk


Tes uji kerja dan produk

Buatlah dokumen baru berupa tabel sederhana!

Lakukanlah pengaturan lebar kolom dan tinggi baris dengan menyesuaikan datanya!

Letakan data sesuai dengan jenis datanya!

Buatlah garis tabel sesuai dengan datanya!

Hapuslah kolom yang tidak diperlukan pada sebuah tabel dan sisipkan kolom baru untuk menambarh data kolom pada tabel tersebut!

Buatlah karya tabel dengan menyisipkan berbagai objek untuk dapat dipublikasikan!



Formatlah kolom ”jumlah” yang terdapat pada tabel menggunakan format mata uang rupiah!

Buatlah Daftar gaji karyawan menggunakan rumus dan fungsi!



Lakukanlah pengaturan halaman dari karya yang telah dibuat disesuaikan dengan ukuran kertasnya!

Lakukanlah pengaturan pencetakan sesuai dengan jenis printer dan cetaklah karya yang telah dibuat.


Rubrik uji prosedur
INDIKATOR
Skala kuantitatif
Nilai [(jml.skor/40)x100]
4
3
2
1
1.
Membuat dokumen yang baru





2.
Membuat dan melakukan format teks





3.
Menghapus data





4.
Menyalin data





5.
Menambah data





6.
Melakukan pengaturan paragraph terhadap dokumen





7.
Membuat dokumen dengan menyisipkan Clip Art





8.
Membuat dokumen dengan menyisipkan Word Art





9.
Membuat dokumen dengan melakukan pengaturan halaman





10.
Mencetak dokumen dengan ukuran kertas folio





JUMLAH






BAB IV
KESIMPULAN

Dari pembahasan makalah diatas dapat disimpulkan bahwa rancangan pembelaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara dapat dilakukan perancangan pembelajaran menggunakan Model ASSURE karena model ini membimbing perancang pembelajaran secara menyeluruh mulai dari analisis pebelajar sampai tahap evaluasi.

 DAFTAR BACAAN

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA Smaldino, Sharon E, dkk. 2007. Instructional Technology And Media For Learning Ninth edition. New Jersey Columbus, Ohio: PEARSON Merrill Prentice Hall
Smaldino, Heinich, Molenda, Russel. (2008) Instructional Media and Technologies For Learning ,(9th  edition), new york : Macmillan Publishing Company.
Snelbecker E. Glen. (1974). Learning Theory Instructional Theory. USA: McGraw-Hill, inc  Smaldino, Heinich, Molenda, Russel. (2008) Instructional Media and Technologies For Learning ,(10th  edition), new york : Macmillan Publishing Company.
Yusufhadi Miarso. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar untuk memperkaya konten dari Blog ini dengan mengisikan Form berikut :